Translate

Minggu, 18 Maret 2018

Donat Menul by Rully Alega Pane


Si Abang minta dibikinin makanan.. Jujur saja aku aku nggak jago bikin kue-kue. Spesialisasiku adalah makanan tradisional alias makanan kampung ,kalau sayur dan lauk boleh bangga lah.. 

Tapi soal bikin kue ini duh..
Sudah memang malas, sekalinya bikin bantat pula 😅 haha..
Tapi kali ini nyobain resepnya Rully Alega Pane yang katanya anti gagal..
Wuahh ternyata memang mantap 😀.. Donatnya mengembang sempurna dan empuk. Cara buatnya juga sederhana banget cocoklah buat aku yang malas ini . Kali ini selamatlah aku dari ledekan si Abang 😅.
Yaahh walaupun itu topping aneh bin ajaib 🙈.



Oya aku nggak mau mengklaim keberhasilanku ini milikku sendiri 😊 karena asistenku yaitu adik Josepdedy yang mengerjakan 50% alias dia yang nguleni adonan dan goreng donatnya, aku yang siapin dan nakar bahan, bentuk donatnya ngasih topping acakadut itu..hihi.. Niatnya mau kasih topping coklat atau meises tapi karena hujan jadi seadanya yang dirumah saja.. 😅, untung suamiku bukan Chef Juna atau Gordon Ramsay ya.. Ngeri..😁😁

Harus berterima kasih nih sama Om Rully karena resepnya luar biasa :)


Resepnya aku copy aja nih karena aku pakainya plek sama dengan resep nggak dikurang nggak ditambah.



Resep Donat Menul

By : Rully Alega Pane

Bahan 1 :

400 Gram Tepung Terigu Protein Tinggi
100 Gram Tepung Terigu Protein Sedang
20 Gram Susu Bubuk
2 Butir Telur
100 Gram Air

Bahan 2 :

75 Gram Margarin
2 Gram Garam

Biang :

30 Gram Air hangat suam kuku
10 Gram Ragi Instan
7 Gram Gula
(Campurkan semua bahan adonan biang diamkan 10 menit hingga berbuih yang menandakan ragi aktif.. air jangan panas karena akan menyebabkan ragi mati)

Cara membuat :


  1. Campurkan semua bahan 1, lalu tambahkan adonan biang lalu uleni hingga semua tercampur.. (adonan agak lengket di tangan)
  2. Lalu tambahkan Bahan 2 lalu uleni hingga kalis dan tidak menempel di tangan.. setelah kalis lalu tutup dengan serbet yang sudah di basahi dengan air hangat, atau dengan plastik wrap..
  3. Tunggu hingga adonan mengembang 2 kali lipat dari semula.. dalam proses proofing sangat dibutuhkan supaya adonan donuts atau donat dapat mengembang dengan sempurna..
  4. Setelah itu.. tonjok sekenceng kencengnya bayangin muka orang yang kita lagi kesel sama dia itu adonan sampai kempes.. haha becanda dikit biar tidak tegang ya.. hehe
  5. Lalu timbang 40 - 50 Gram/ adonan, lalu bentuk bulat rapihkan.. taruh adonan yang sudah di bentuk dengan alas kertas roti atau baking paper juga bisa supaya memudahkan kita saat akan menggoreng agar tidak merubah bentuknya alias tetap cantik.. hehe..
  6. Setelah itu goreng dengan menggunakan api kecil jangan di bolak balik ya.. cukup 1 kali balik agar white ringnya muncul.. ( yang punya saya white ringnya tidak terlihat.. coba pakai mata batin pasti terlihat hahay)
  7. Setelah kuning ke emasan angkat donat lalu tiriskan dan dinginkan.. donat siap untuk di hias dan di nikmati..

Semoga bermanfaat ya..

😂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikan Gurame Saus Padang