Translate

Minggu, 18 Maret 2018

SAMBAL KECOMBRANG


Hello..

Ceritanya nih.. Setiap kami main ke rumah tantenya suami yang tinggal di Tambun , Bekasi , kami hampir pasti ikutan makan, nah beberapa waktu yang lalu kami di suguhi sambal yang asing dilidah kami. Kami suka rasanya , terutama suamiku sih.. Ternyata itu adalah sambal kecombrang.

Bagi yang belum tahu, kecombrang itu sejenis tanaman empu-empuan dalam keluarga  kunyit, temulawak dan lain-lain. Yang dimanfaatkan dari kecombrang ini adalah bunganya.

Mulai dari situ suami selalu minta dibelikan kecombrang ini kalau aku kepasar. Wah ternyata kecombrang ini lumayan mahal harganya kalau dipasar. Satu kuncup bunga harganya mulai dari 7000 rupiah. Jadi aku jarang-jarang belinya.

Akhir-akhir ini ternyata ada kecombrang yang dijual di supermarket, dan harganya sangat murah dibanding dengan yang dipasar. Yup lumayan jauh selisihnya.. Di supermarket dijual 2000 an per ikat isi 3 batang. Haha.. murah ya.. ? Eits.. tapi ini kecombrangnya beda loh.. Kecombrang yang dipasar kuncupnya besar berwarna pink, seperti sudah akan mekar. Sedangkan yang di supermarket kuncupnya seperti baru muncul jadi berupa seperti tongkat lancip dan warnanya lebih ke merah tua. Tapi lumayan lah.. Seperti kalap suamiku selalu borong sampai habis hahaha...

Jadi inilah resep sederhana sambalnya... Gampang kok.. :)


Bahan :

Bunga Kecombrang
Teri atau ikan asin rebus 100 gram
Cabai sesukanya
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Tomat 1 buah
Garam secukupnya
penyedap atau kaldu bubuk secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng untuk secukupnya

Cara membuat :


  1. Siangi dan cuci kecombrang , lalu potong kecil-kecil. Sisihkan.
  2. Goreng teri atau ikan asin sampai matang, aku suka yang matang saja tapi tidak sampai kering kecuali kalau ikan asinnya tipis dan banyak duri maka kering lebih baik.
  3. Haluskan cabai,bawang putih, bawang merah dan tomat.
  4. Lalu tumis bumbu halus sampai matang dan warnanya berubah. 
  5. Masukkan kecombrang. aduk rata.
  6. Saat kecombrang sudah layu masukkan teri atau ikan asin goreng . 
  7. Aduk rata tunggu beberapa saat, lalu cicipi.. Untuk mengetahui apakah sudah asin atau belum. Itu karena teri dan ikan asin terkadang memberi rasa asin berlebih.
  8. Jika kurang asin bisa tambahkan garam atau kaldu bubuk.
  9. Tambahkan sepotong gula merah untuk lebih mantap tapi bisa juga dengan gula putih. Aduk rata.
  10. Angkat dan siap dihidangkan.
                                                                     *****



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikan Gurame Saus Padang