Translate

Minggu, 18 Maret 2018

DAUN SINGKONG TUMBUK


Masih tentang kecombrang.
Saking banyaknya kecombrang yang dibeli dan juga karena penasaran sama masakan Batak yang bernama daun singkong tumbuk. Akhirnya iseng-iseng aku cobalah dengan mencontek dari mbah google :D. Ternyata suamiku suka dan minta dibuatkan lagi.


Beberapa resep menggunakan daun singkong tanpa direbus. Kalau aku berhubung daun singkong yang kugunakan adalah singkong karet maka daun singkongnya aku rebus sebentar, sekedar layu, lalu dicuci untuk menghilangkan zat tanin yang terkandung didalamnya.

Resep daun singkong tumbuk memiliki beberapa versi. Aku menggunakan apa yang ada saja.

Resep Daun Singkong Tumbuk

Bahan :

Daun singkong
Kecombrang aku pakai 3 batang kecil
Bawang Merah 6 siung
Bawang putih 3 siung
Cabai 3 buah
Kunyit 1 ruas jari
kemiri1 butir
Santan , jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair.
Garam
Gula

Cara membuat :


  1. Haluskan semua bahan bisa dengan ditumbuk atau diblender.
  2. Rebus semua bahan sampai matang.
  3. Tambahkan garam lalu sedikit gula.
  4. Kecilkan api. Masukkan santan.
  5. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah. Koreksi rasa, boleh tambahkan penyedap.
  6. Jika sudah pas, angkat. Siap dihidangkan.

                                                                 *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikan Gurame Saus Padang