Translate

Minggu, 28 Februari 2021

Pindang Patin Bening



Saat aku dan suami masih pacaran, kami makan di sebuah kedai pempek Palembang. Di sana ada berbagai jenis pempek dan menu lainnya. Tapi aku sangat tertarik dengan pindang patinnya. Pindang patin yang rasanya asam manis pedas, sangat menggugah selera. Rasanya puas dan ketagihan. 

Saat sudah menikah, sering kali aku mengajak suami makan ke kedai itu, tetapi suami hampir selalu menolak. Mahal katanya, terang saja, soalnya dia selalu  kalap kalau makan di tempat itu. Pindang patin, tekwan, semua jenis pempek, plus es kacang merah, semua dia sikat hahaha..

Bisa saja sih aku pergi sendiri tanpa menunggu suami. Tapi rasanya tidak menyenangkan, apa lagi tempatnya cukup jauh dari rumah.

Browsing sana sini, akhirnya menu pindang patin hadir dan jadi menu andalan keluarga kami. Enak, sehat dan tentunya murah. Sebenarnya ada banyak varian pindang patin Palembang, suatu saat aku akan mencobanya juga.

Hari ini suami libur akhir pekan, pindang patin bening ini jadi pilihan untuk menu makan siang. Wah.. semua makan dengan lahap sampai nambah. Senangnya..

Aku pun memamerkan kreasiku di group alumni SMPku. Ternyata teman-teman tertarik dengan resepnya. Baiklah, sekalian aku menulis di blog. Semoga semua cocok dengan resepnya. Check it out!

Bahan :

1 ekor ikan patin

4 buah belimbing wuluh ( kalau tidak ada bisa diganti dengan asam jawa)

3 cm jahe, iris tipis (aku tidak pakai)

5 cm lengkuas, geprek

2 batang sereh, geprek

5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

garam secukupnya

kaldu ayam atau penyedap secukupnya, boleh skip

gula pasir 1 sendok teh

air untuk merebus, kira-kira sampai ikan patin terendam.


2 buah tomat, potong-potong

1 ikat kemangi, cuci bersih lalu siangi

2 batang daun bawang, rajang

10 buah cabai rawit utuh ( aku sedang sakit maag, jadi aku skip. ganti dengan irisan cabai merah keriting)

 

Bumbu halus : boleh diuleg atau dirajang

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 buah kemiri sangrai

5 cm kunyit

 Cara memasak:

1. Bersihkan ikan patin lalu potong-potong menjadi beberapa bagian

2. Rebus bumbu halus bersama sereh, lengkuas, jahe,cabai rawit dan daun jeruk.

3. Masukkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir.

4. Setelah air mendidih, masukkan ikan patin dan belimbing wuluh. Masak sampai matang.

5. Cicipi, koreksi rasa.

6. Setelah ikan patin matang dan rasa sudah pas masukkan irisan tomat, daun bawang dan daun kemangi. 

7. Masak sampai layu. Angkat. Pindang patin siap dihidangkan.

Selamat mencoba!



 

 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikan Gurame Saus Padang